Tips Jitu Memperbaiki Error Apapun Ketika Membuat Aplikasi Android

Tips jitu memperbaiki error ini adalah beberapa hal yang biasa saya lakukan ketika membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi android, dan saya yakin anda juga pasti pernah melakukannya. Beberapa dari tips yang saya tuliskan disini, bukan hanya untuk developer android saja. Melainkan juga bisa berguna bagi para programmer platform lainnya untuk mengatasi error dalam pembuatan aplikasi dekstop, aplikasi web atau aplikasi-aplikasi lainnya.

Ok kita langsung masuk ke pembahasan.

Sebagai seorang developer yang baik, anda harus mampu untuk memperbaiki setiap error yang ada dan melanjutkan pekerjaan anda dalam membuat aplikasi android. Ini adalah beberapa kebiasaan yang dilakukan untuk debug atau memperbaiki error.

Tips Jitu Memperbaiki Error Ketika Membuat Aplikasi Android

1). Bacalah Pesan Error-nya

Tips jitu memperbaiki error yang pertama adalah membaca pesan errornya. Setiap IDE pasti akan memunculkan sebuah pesan error ketika anda salah mengetikkan sebuah kode. Contohnya pada Android Studio ini.

notif error di android studio

Ini adalah beberapa notif atau peringatan yang akan muncul jika terjadi error pada penulisan kode di Android Studio. Jika anda salah menuliskan sebuah kode XML, maka Android Studio akan menyoroti teks yang salah tersebut dengan warna merah.  Ada juga batangan merah di sebelah kanan code editor file java. Batangan ini akan menunjukan pesan error jika anda meletakkan kursor mouse pada batangan merah tersebut. Ada juga tanda seru merah yang berada di pojok kanan atas code editor.

Dalam langkah untuk memperbaiki error, cobalah anda baca dengan baik pesan error tersebut, untuk menemukan kesalahan kode anda. Jika anda belum memahami pesan error tersebut, cobalah untuk mengidentifikasi kata yang anda mengerti dan tidak mengerti. Anda bisa mencari di google untuk kata yang anda tidak mengerti. Atau anda juga bisa menyalin semua pesan errornya kemudian cari di google.

2). Memakai atau Membandingkan Contoh Kode yang Sudah Berhasil

Tips jitu memperbaiki error yang kedua adalah memakai atau membandingkan contoh kode yang sudah berhasil alias tidak error. Ini bertujuan untuk mengetahui dimana letak kesalahannya. Di google sudah banyak bertebaran tutorial-tutorial atau source code program gratis yang bisa anda gunakan sebagai bahan perbandingan untuk kode yang anda buat.

Ketika anda mencari sebuah source code program atau aplikasi, lebih baik anda tidak mengkopinya secara langsung, melainkan di baca dan ditelaah terlebih dahulu. Ini bertujuan agar anda dapat memahami struktur dan kegunaan dari source code tersebut Biasanya si pemilik blog akan memberikan penjelasan mengenai kode yang mereka buat, jadi anda hanya perlu membacanya dengan baik.

Baca Juga : Belajar Menggunakan Widget TextView Android Studio

3). Undo atau Membatalkan

Tips jitu memperbaiki error yang ketiga adalah Undo atau membatalkan. Ketika anda sedang mengetikkan beberapa kode dan tiba-tiba mengalami error, anda bisa menggunakan fitur Undo. Undo ini akan membatalkan penulisan kode tersebut dan memperbaiki error yang ada.

Anda bisa menuliskan kode itu lagi, kemudian identifikasi dimana letak kesalahnnya. Jika masih terjadi error, maka anda hanya perlu meng-Undo lagi, kemudian mencari kode alternatif lain untuk membuat aplikasi android anda.

4). Bertanya

Tips jitu memperbaiki error yang terakhir adalah Bertanya. Anda bisa bertanya kepada orang lain tentang error yang sedang anda alami. Anda bisa bertanya-tanya kepada teman-teman, guru atau dosen yang ahli di bidang pembuatan aplikasi android.

Saya gak kenal orang yang ahli membuat aplikasi android, gimana dong?

Jangan khawatir! Meski anda tidak kenal dengan orang yang pandai dalam android development, anda bisa mencarinya di internet. Banyak sekali forum-forum atau situs tanya jawab yang bisa membantu anda dalam memperbaiki error yang anda alami.

Salah satu situs tanya jawab yang saya rekomendasikan adalah Stack Overflow. Stack Overflow ini adalah situs tanya jawab yang difokuskan pada permasalahan yang di hadapi oleh seorang programmer. Tapi di situs ini anda harus menggunakan bahasa inggris ketika bertanya atau mencari solusi. Tetapi, biasanya anda tidak perlu bertanya secara langsung, karena biasanya sudah ada orang lain yang bertanya yang mungkin permasalahannya sama dengan anda. Jadi anda hanya perlu membaca jawaban-jawaban yang sudah diberikan oleh orang lain.

Meskipun anda seorang developer professional ataupun seorang developer pemula, untuk membuat sebuah aplikasi android, jalannya tidak benar-benar mulus. Anda pasti akan menemui banyak hambatan dan rintangan. Karena itu, anda harus bisa berfikir kreatif dalam mencoba menemukan solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Setelah anda berhasil melewati hambatan tersebut, akan muncul hambatan lainnya dan mencoba menemukan solusi lain untuk hambatan tersebut.

OK untuk artikel Tips Jitu Memperbaiki Error ini saya rasa sudah cukup

Terima kasih bagi anda yang sudah membaca, dan jika artikel ini bermanfaat untuk anda tidak ada salahnya untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda.

Saya juga sangat membutuhkan kritik dan saran dari anda, agar situs ini menjadi lebih baik kedepannya.

Terima Kasih.

 

One thought on “Tips Jitu Memperbaiki Error Apapun Ketika Membuat Aplikasi Android

  • March 12, 2018 at 3:07 am
    Permalink

    tips nya sangat bermanfaat, terimakasih Bang Ropi 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.