5 Software untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri

Sebenarnya di era teknologi yang serba canggih ini kita tidak perlu menggunakan software untuk membuat aplikasi android, karena saat ini sudah banyak sekali situs – situs yang membuat aplikasi android secara instan tanpa mempunyai skill programming. Tetapi bagi seorang programmer khususnya developer android seperti saya misalkan” terasa hampa jika membuat suatu aplikasi android tanpa melakukan peng-codingan. Terlebih menurut saya situs – situs tersebut juga memiliki batasan tersendiri dalam membangun aplikasi android. Karena itu dari pada membuat aplikasi android secara instan lebih baik kita belajar membuat aplikasi android sendiri, siapa tahu anda bisa jadi developer android’kan? Karena itulah dalam artikel ini saya akan memberikan informasi mengenai 5 Software untuk Membuat Aplikasi Android

5 Software untuk Membuat Aplikasi Android

1. Xamarin

5 Software untuk membuat aplikasi android sendiri

 

Xamarin merupakan salah satu software pembuat aplikasi android berbasis C#. Kalau anda biasanya mengenal C# sebagai bahasa pemrograman untuk mengembangkan aplikasi mobile yang berbasis windows phone, maka sekarang anda bisa menggunakan bahasa pemrograman C# untuk mengembangkan aplikasi android dan IOS dengan menggunakan Xamarin ini, sehingga anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman lain untuk membuat atau mengembangkan aplikasi android dan IOS.

Xamarin ini tersedia dalam 2 platform yaitu untuk Mac dan tentunya Windows. Hanya saja anda harus menguras isi dompet anda untuk menggunakan software Xamarin ini. Meskipun ada versi gratisnya, tetapi saya yakin akan para pengembang akan merasakan keterbatasan dalam pembuatan aplikasi terutama tidak adanya fitur Xamarin.Form yang memungkinkan penggunaan kode sama pada platform yang berbeda.

Untuk platform Windows system requirements-nya bisa anda lihat di bawah ini;

  • 64-bit version of the Pro edition of Windows 8, Windows 8.1, Windows10 or higher.
  • Minimum 6 GB Ram. Recommended 8 GB Ram
  • Hyper-V support
  • A processor that supports SSSE3 or later.

2. Eclipse

5 Software untuk membuat aplikasi android sendiri

Saya rasa para pengembang aplikasi android sudah tentu mengenal software yang satu ini. Software yang berbasis bahasa pemrograman java ini, menjadi salah satu software pilihan para developer untuk mengembangkan aplikasi android. Selain mudah digunakan, software ini juga tidak memerlukan spesifikasi komputer/laptop yang tinggi. Tetapi perlu dicatat bahwa sekarang Google yang mengembangkan plugin Android Development Tools (ADT) untuk eclipse, sudah menghentikan bantuan pengembangannya, dan berfokus untuk mengembangkan Android Studio.

Tetapi kenapa saya memasukkan Eclipse dalam artikel ini?

Meski sekarang pengembangan ADT-nya sudah dihentikan oleh Google, tetapi masih banyak para pengembang aplikasi android yang menggunakan eclipse ini, hal ini dikarenakan spesifikasi komputer/laptop yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi, meskipun saat ini memang cukup sulit untuk mendapatkan ADT dan SDK untuk eclipse ini.

Dan jika anda ingin menggunakan Eclipse untuk membuat aplikasi android, inilah system requirements yang di butuhkan untuk OS Windows;

  • OS Windows 7/8/8.1/10 (32 bit or 64 bit)
  • Minimum Ram 2GB, Recommended 4GB
  • 1280 x 800 minimum screen resolution
  • For accelerated emulator: Intel® processor with support for Intel® VT-x, Intel® EM64T (Intel® 64), and Execute Disable (XD) Bit functionality

Yap,  untuk menjalankan Eclipse ini minimal komputer anda mempunyai 2 GB Ram, asalkan anda tidak menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi android buatan anda. Anda bisa menggunakan Smartphone anda untuk menjalankan aplikasi android buatan anda. Tenang saja, saya akan memberitahu bagaimana caranya nanti.

3. Android Studio

5 software untuk membuat aplikasi android sendiri

Seperti Eclipse, Android Studio juga merupakan software untuk membuat android yang berbasis bahasa pemrograman Java. Android Studio ini juga memiliki beberapa fitur-fitur yang sangat berguna bagi seorang developer android dalam mengembangkan aplikasinya, dan menurut Intellij IDEA, Android Studio memungkinkan pengkodean tercepat dan alur kerja yang berjalan.

Ini adalah beberapa fitur yang tersedia pada Android Studio;

  • Instant Run.
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur.
  • Editor kode yang cerdas.
  • Sistem versi yang kuat dan fleksibel.
  • Dioptimalkan untuk semua perangkat android.
  • Template kode, aplikasi contoh dan sudah terintegrasi dengan Github.

Baca juga: Membuat Aplikasi Hello World dengan Android Studio

Dan kabar baiknya lagi, software ini bisa anda dapatkan secara gratis sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membuat aplikasi android anda. Jika anda tertarik ini adalah spesifikasi komputer berbasis Windows yang diperlukan untuk menggunakan Android Studio;

  • Microsoft® Windows® 7/8/10 (32- atau 64-bit)
  • RAM minimum 3 GB, RAM yang disarankan 8 GB; tambah 1 GB untuk Emulator Android
  • Ruang disk minimum yang tersedia 2 GB,
  • Disarankan 4 GB (500 MB untuk IDE + 1,5 GB untuk Android SDK dan gambar sistem emulator)
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800
  • Untuk emulator akselerasi: sistem operasi 64-bit dan prosesor Intel® dengan dukungan untuk Intel® VT-x, Intel® EM64T(Intel® 64), dan fungsionalitas Execute Disable (XD) Bit

4. Delphi 2010 Seattle

5 software untuk membuat aplikasi android sendiri

Bagi anda pecinta bahasa pemrograman delphi yang ingin sekali membuat aplikasi android, Delphi 2010 Seattle ini dapat mewujudkan keinginan anda. Delphi 2010 Seattle ini juga multiplatform, sehingga anda dapat membuat berbagai aplikasi di berbagai perangkat. Ada banyak fitur yang di sediakan oleh software ini untuk mempermudah anda dalam membuat dan mengembangkan aplikasi android, anda bisa cek di website resminya.

Sayangnya software ini tidak tersedia secara gratis, anda harus merogoh kocek yang dalam untuk menggunakan software ini. Tersedia dalam dalam 3 edisi, yaitu Professional, Enterprise dan Architect. Tapi kalau anda ingin mencoba, anda bisa menggunakan yang versi trialnya, dan inilah spesifikasi komputer yang anda perlukan untuk Delphi 2010 Seattle;

  • Windows 10 Anniversary Edition is recommended and required for development for the Windows 10 store.
  • 1.6 GHz or faster processor.
  • 2 GB of RAM.
  • Direct X 11-capable video card that runs at 1024×768 or higher resolution.
  • Between 6 GB and 60 GB¹ of available disk space.

Sedikit saran dari saya untuk anda yang ingin menggunakan software ini untuk membuat aplikasi android, lebih baik spesifikasi komputer anda mempunyai 4 GB Ram atau lebih, dengan 2,7 Ghz processor atau lebih. Menurut pengalaman saya, Delphi 2010 Seattle ini cukup berat, apalagi saat anda menggunakan emulator bawaannya, pasti tambah ngelag lagi.

5. Adobe Flash

5 software untuk membuat aplikasi android sendiri

Bagi anda yang sering menggunakan Adobe Flash, anda mungkin sudah tahu kalau Adobe Flash ternyata bisa digunakan untuk membuat aplikasi android. Awalnya saya benar – benar tidak tahu kalau salah satu software pembuat animasi terkenal ini bisa juga digunakan untuk membuat aplikasi android, karena memang saya tidak mahir dalam membuat animasi, tapi salah satu dosen saya di kampus pernah menunjukan bagaimana cara membuat aplikasi android dengan menggunakan Adobe Flash.

Baca Juga : 7 Software Terbaik Untuk Membuat Game Mobile

Karena saya tidak terlalu mengenal software ini, maka saya tidak akan berbicara banyak mengenai Adobe Flash di artikel ini. Anda bisa mencari informasi mengenai versi Adobe Flash apa saja yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android, bagaimana cara pembuatan aplikasi android dengan Adobe Flash dan bagaimana spesifikasi komputer yang diperlukan untuk menjalankannya.

Nah, Itulah 5 software yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi android sendiri. Sebenarnya masih ada banyak lagi software untuk membuat aplikasi android yang bisa anda pilih, tetapi menurut saya pribadi, kelima software inilah yang paling cocok untuk membuat dan mengembangkan aplikasi android.

 

 

7 thoughts on “5 Software untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri

  • February 19, 2018 at 12:34 am
    Permalink

    Lebih bagus ditambah link download y juga

    Reply
    • February 19, 2018 at 12:37 am
      Permalink

      Hallo Bang Xomplax
      Iyah, nanti saya kan tambahkan link download untuk ke-5 software ini. Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa subscribe agar tidak ketinggalan artikel lainnya..

      Reply
  • February 19, 2018 at 4:55 am
    Permalink

    Menambah wawasan untuk membuat aplikasi android thanks ..

    Reply
    • February 22, 2018 at 4:51 am
      Permalink

      Hallo Bang Guntur, Terima kasih sudah berkunjung.
      Kalo saya pake wordpress gan, untuk template namanya The Authority

      Reply
  • February 25, 2018 at 2:53 am
    Permalink

    ditunggu link untuk downloadnya mas hehe butuh ni buat tugas. 😛 ditunggu artikel lanjutannya

    Reply
  • February 25, 2018 at 2:54 am
    Permalink

    bagus ni mas, sayang gk ada linknya hehe(berharap sih). ditunggu next artikelnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.