Sejarah Android dan Versi Android yang Ada Sampai Saat Ini

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai sejarah android dan versinya yang ada sampai saat ini. OK kita langsung saja ke pembahasan

Sejarah Android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Antarmuka pengguna Android umumnya berupa manipulasi langsung, menggunakan gerakan sentuh yang serupa dengan tindakan nyata, misalnya menggeser, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek di layar, serta papan ketik virtual untuk menulis teks. Selain perangkat layar sentuh, Google juga telah mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Android Wear untuk jam tangan, masing-masingnya memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Varian Android juga digunakan pada komputer jinjing, konsol permainan, kamera digital, dan peralatan elektronik lainnya.

Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Selain itu, Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java. Pada bulan Oktober 2013, ada lebih dari satu juta aplikasi yang tersedia untuk Android, dan sekitar 50 miliar aplikasi telah diunduh dari Google Play, toko aplikasi utama Android. Sebuah survei pada bulan April-Mei 2013 menemukan bahwa Android adalah platform paling populer bagi para pengembang, digunakan oleh 71% pengembang aplikasi bergerak. Di Google I/O 2014, Google melaporkan terdapat lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan Android, meningkat dari 583 juta pada bulan Juni 2013.

Versi-Versi Android

1. Alpha

Dalam hal ini (Android 1.0) adalah versi pertama dari Sistem Operasi Android oleh Google. Ini memiliki fungsi dasar dengan browser sederhana dan aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Maps, dan YouTube.

2. Beta

Kemudian dengan Android 1.1 beberapa fungsi tambahan ditambahkan, API berubah dari Level 1 di Android 1.0 ke Level 2. Mendukung lampiran dengan MMS. Android versi Beta ini diluncurkan pada tanggal 5 November 2007, sedangkan untuk Software Development Kit (SDK)-nya diluncurkan pada tanggal 12 November 2007.

3. Cupcake

Cupcake adalah versi kedua Android dengan fitur baru serta API kerangka kerja Android yang diperbarui.Cupcake diluncurkan pada tanggal 30 April 2009.Pembaruan pada versi ini termasuk beberapa fitur baru dan perubahan UI

4. Donut

Versi Android 1,6 dijuluki sebagai DONUT. Dalam android versi ini Google menambahkan dukungan teknologi baru CDMA/EVDO, dukungan layar WVGA dan mesin sintesis pengucapan yang memungkinkan aplikasi android tertentu mampu mengucapkan suatu teks.

5. Eclair

Android 2.0-2.1  muncul dengan nama panggilan sebagai Eclair dengan lebih banyak fungsi & fitur. Eclair ini diluncurkan dengan fitur Bluetooth 2.1, wallpaper hidup, dukungan HTML 5, kemampuan untuk mencari sms & mms, dukungan flash, zoom digital dan fitur kamera lainnya.

6. Froyo

Android versi 2.2-2.2.3 diperkenalkan dengan fungsi dan aplikasi USB tethering & WiFi hotspot, dukungan Adobe flash, peningkatan kecepatan dan kinerja aplikasi dengan fitur-fitur baru.

7. Gingerbread

Gingerbread (Android 2.3-2.3.7) diperkenalkan dengan Antarmuka Pengguna yang diperbarui yang memberikan lebih banyak kemudahan untuk digunakan. Fiturnya seperti sensor, beberapa kamera (Depan & belakang), keyboard virtual, saran teks yang lebih baik, kemampuan input suara dan tekan terus kemampuan copy paste.

8. Honeycomb

Platform Android Honeycomb ini dirancang untuk layar besar seperti tablet sehingga elemen antarmuka seperti keyboard virtual dioptimalkan untuk layar yang lebih besar. Layar beranda dioptimalkan, tab diperkenalkan di browser dengan mode penyamaran tambahan dan obrolan video & Gtalk didukung.

9. Ice Cream Sandwich

Ice Cream sandwich hadir di tahun 2011 membawa semua tampilan baru. Versi android yang satu ini memberikan kemudahan lebih kepada pengguna seperti, pengguna dapat dengan cepat menggesek untuk menutup aplikasi, tata letak galeri baru dan editor foto built in.

10. Jelly Bean

Google membuat Sistem Operasi lebih responsif dengan Jelly Bean dan memperkenalkan berbagi file dengan Android Beam. Keunggulan utama dari versi ini adalah antarmuka pengguna yang lebih halus.

11. Kitkat

Kitkat hadir pada tahun 2013 dengan API Level 19. Kitkat ini memiliki pembaruan antarmuka dengan bar status dan navigasi transparan pada layar depan, webviews berbasis chromium  dan peningkatan tampilan mode layar penuh.

12. Lollipop

Lollipop – Android versi 5.0-5.1.1 muncul dengan peningkatan RAM dan manajemen baterai. Desain antarmuka yang dinamakan Material Design. Selain itu versi yang satu ini juga memiliki fitur “factory reset protection” sehingga jika smartphone hilang, dia tidak akan bisa direset ulang tanpa memasukkan id google dan passwordnya.

13. Marsmallow

Marshmallow dirilis pada tahun 2015, muncul dengan baterai yang lebih cerdas dan mode tidur (itu mencegah tugas tertentu dari berjalan jika ponsel sedang mengatur siaga). Now On Tap, pengaturan privasi yang lebih baik, lebih mudah untuk meng-upgrade ponsel, sensor sidik jari dan dibangun di pesan suara visual.

14. Nougat

Android Nougat dibuat resmi pada tahun 2016 dengan emoji yang diperbarui, 72 tampilan multi jendela yang baru ditambahkan, baterai pintar dengan mode penghemat data, realitas virtual yang lebih aman dan berkualitas tinggi dengan dimensi baru.

15. Oreo

Android Oreo pertama kali dirilis sebagai preview pengembang pada tanggal 21 Maret 2017. Android Oreo mengusung fitur baru yang membuat smartphone lebih cepat, pintar dan powerful dibandingkan dengan versi android yang sebelumnya. Beberapa fitur unggulan dari versi ini adalah background limit, Google Play Protect, emoji baru dan picture in picture.

Persebaran Penggunaan Platform Android

Tabel dibawah ini menunjukan data mengenai presentasi jumlah perangkat android yang mengakses Google play.

VersiNama KodeAPI LevelDistribusi
2.2Froyo80.1%
2.3.3 - 2.3.7Gingerbread101.2%
4.0.3 - 4.0.4Ice Cream Sandwich151.2%
4.1.XJelly Bean164.5%
4.2.XJelly Bean176.4%
4.3Jelly Bean181.9%
4.4Kitkat1924%
5.0Lollipop2110.8%
5.1Lollipop2223.2%
6.0Marshmallow2326.3%
7.0Nougat240.4%

Nah itulah Sejarah Android dan Versi-Versi Android yang ada sampai saat ini. Versi android ini pasti akan terus bertambah dan pastinya versi-versi baru tersebut akan lebih bagus dibandingkan dengan versi yang ada sampai saat ini.

Nah sekian artikel mengenai Sejarah Android dan Versi Android yang sedang berkembang sampai saat ini. Anda bisa menyampaikan kritik dan saran mengenai artikel ini di kolom komentar atau pada halaman Hubungi Saya.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *