Radio Group dan Radio Button di Android Studio

OK, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai widget atau view Radio Group dan Radio Button di Android Studio. Kalau begitu kita langsung saja ke pembahasan mengenai Radio Group dan Radio Button ini.

Apa itu Radio Group dan Radio Button di Android Studio

Radio Group dan Radio Button adalah dua view yang biasanya dipakai secara bersamaan, meskipun tidak selalu. Pertama kita bahas dulu mengenai Radio Button. Radio Button adalah view yang digunakan ketika kita ingin memberikan beberapa pilihan kepada pengguna aplikasi anda. Anda bebas menempatkan Radio Button sebanyak apapun pada aplikasi anda, mau itu 3 atau 30 atau bahkan mungkin 300?

Nah, untuk view yang satu lagi yaitu Radio Group adalah view yang digunakan untuk mengelompokkan Radio Button tersebut. Kegunaannya adalah ketika pengguna memilih pilihan yang ada dalam Radio Group ini, maka pengguna hanya dapat memilih satu dari beberapa pilihan yang ada. Misalnya jika dalam Radio Group terdapat 5 Radio Button, maka pengguna hanya dapat memilih satu dari 5 Radio Button tersebut.

Lalu apa yang terjadi jika tidak menggunakan Radio Group? Apakah akan error?

Jawabannya adalah tidak.

Sama seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa kedua view ini biasanya dipakai secara bersamaan, tetapi tidak selalu. Ketika anda tidak menggunakan Radio Group untuk mengelompokkan Radio Button, maka kegunaan Radio Button ini akan sama dengan check box. Dalam hal ini artinya pengguna dapat memilih beberapa pilihan yang ada.

Cara Menggunakan Radio Group dan Radio Button di Android Studio

Sekarang, bagaimana caranya menggunakan Radio Group dan Radio Button di Android Studio? Berikut ini adalah tutorialnya dari saya.

Pertama, buka file layout XML anda dan ketikkan kode dibawah ini.

Untuk Radio Group contoh listingnya adalah seperti dibawah ini

<RadioGroup
    android:layout_width="wrap_content"
    android:layout_height="wrap_content"
    android:id="@+id/radioGroupPemrograman">

Dan untuk Radio Button contoh listingnya adalah seperti dibawah ini

<RadioButton
    android:layout_width="wrap_content"
    android:layout_height="wrap_content"
    android:text="Android"
    android:id="@+id/radioAndroid"
    android:checked="true"
    android:textSize="18sp"/>

Untuk atribut dari Radio Group dan Radio Button ini masih sama seperti atribut dari view umum yang lainnya seperti TextView, Button atau EditText. Untuk lebih detail lagi mengenai atribut-atribut tersebut anda bisa melihatnya pada artikel-artikel saya yang sebelumnya. Anda bisa melihat linknya dibawah ini.

Tetapi ada satu atribut pada contoh Radio Button diatas yang mungkin belum pernah anda temui atau ketahui. Atribut tersebut yaitu,

android:checked="true"

Atribut ini digunakan ketika anda ingin sebuah Radio Button mempunyai tanda “checked” yang artinya sudah dipilih. Jadi ketika anda menjalankan aplikasi dengan atribut ini pada Radio Button tersebut, maka otomatis Radio Button tersebut sudah ada tanda checked, contohnya seperti gambar dibawah ini.  (maaf saya susah ngejelasinnya)

Contoh Radio Button

Nah, itulah sedikit penjelasan saya mengenai Radio Group dan Radio Button di Android Studio. Pada artikel yang berikutnya mungkin saya akan memberikan contoh mengenai Radio Group dan Radio Button ini.

Bagi anda yang ingin bertanya mengenai Radio Group dan Radio Button di Android Studio ini silahkan anda cantumkan dikolom komentar atau di halaman Hubungi Saya. Saya akan berusaha sebisa mungkin untuk membantu anda.

Anda juga bisa mengirimkan kritik dan sarannya mengenai artikel atau blog ini supaya, blog ini bisa menjadi lebih baik.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.