Perbedaan Match Parent dengan Wrap Content di Android Studio

Dalam beberapa artikel sebelumnya saya sudah membahas dengan singkat perbedaan match parent dengan wrap content di Android Studio. Tapi dalam artikel ini saya akan membahas perbedaannya dengan lebih rinci lagi. OK, kita langsung masuk ke pembahasan.

Perbedaan Match Parent dengan Wrap Content

Match Parent

Match parent adalah nilai atribut yang digunakan untuk menyesuaikan lebar dan tinggi suatu tampilan (ViewGroup ataupun View) sama dengan ukuran lebar dan tinggi dari layar smartphone android yang anda gunakan. Selain digunakan untuk menyesuaikan ukuran tampilan sesuai dengan layar smartphone, match parent juga bisa digunakan untuk menyesuaikan ukuran view dengan ukuran viewgroupnya.

Agar anda lebih mengerti lihatlah contoh dibawah ini. Untuk memperjelas contoh ini, saya menggunakan background berwarna abu-abu.

<LinearLayout
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="200dp"
    android:orientation="vertical"
    android:background="#9E9E9E">
</LinearLayout

Contoh 1 Match Parent

Dalam contoh diatas, saya menambahkan satu viewgroup ke dalam tata letak aplikasi. Dalam viewgroup tersebut saya menambahkan nilai atribut match_parent ke dalam atribut  layout_width, sehingga ukuran lebar dari viewgroup tersebut akan sama dengan ukuran lebar layar ponsel yang digunakan. Dengan menggunakan match parent ini juga akan membuat ukuran dari viewgroup tersebut lebih fleksibel, meskipun anda mengubah-ubah ukuran layar smartphone yang anda gunakan.

Dalam segi penggunaan, match parent ini tidak hanya digunakan untuk viewgroup saja, melainkan anda juga bisa memakainya pada view biasa, seperti TextView, ImageView, Button dan yang lainnya. Sebelumnya, saya juga mengatakan bahwa match parent ini juga bisa digunakan untuk menyesuaikan ukuran view dengan viewgroupnya. Untuk memperjelas pernyataan saya ini, lihat contoh dibawah ini.

<LinearLayout
    android:layout_width="200dp"
    android:layout_height="200dp"
    android:orientation="vertical">
    <TextView
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="match_parent"
        android:text="TextView"
        android:textSize="30sp"
        android:textColor="#000"
        android:background="#FF7043"/>
</LinearLayout

Contoh 2 Match Parent

Dalam contoh diatas saya menggunakan viewgroup dengan tinggi dan lebarnya 200dp. Sedangkan, tinggi dan lebar dari TextView, menggunakan match_parent. Dan seperti yang anda lihat bahwa tinggi dan lebar dari TextView tersebut sama dengan tinggi dan lebar viewgroupnya yaitu 200dp.

Wrap Content

Wrap content adalah nilai atribut yang digunakan untuk menyesuaikan ukuran lebar dan tinggi view berdasarkan konten atau objek yang ada di dalamnya.

Lihatlah contoh gambar di bawah ini.

Tanpa Wrap Content

Gambar di atas yang ada di sebelah kiri merupakan sebuah TextView yang tidak menggunakan wrap_content, dengan tinggi 50dp dan lebar 200dp. Terlihat dari gambar tersebut bahwa ukuran lebar dan tinggi dari TextView tersebut melebihi ukuran objek yang ada didalamnya sehingga tampilannya sendiri menjadi kurang rapi.

Anda juga perlu mengubah ukuran lebar dan tinggi tampilan secara manual jika objek atau konten yang ada di dalamnya melebihi ukuran lebar dan tinggi yang sudah di tetapkan. Seperti yang terjadi di dalam gambar yang sebelah kanan.

Dengan Wrap Content

Gambar di atas merupakan TextView yang sudah menggunakan wrap_content, sehingga ukuran lebar dan tingginya sama dengan ukuran objek atau konten yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan wrap content ini, anda tidak perlu mengubah ukuran dari TextView secara manual berdasarkan ukuran objek atau konten yang ada di dalamnya.

Kesimpulan

Jadi berdasarkan penjelasan diatas, perbedaan Match Parent dengan Wrap Content adalah match parent digunakan untuk menyesuaikan ukuran lebar dan tinggi suatu tampilan (view) sama dengan ukuran layar smartphone yang kita gunakan, sedangkan wrap content digunakan untuk menyesuaikan ukuran lebar dan tinggi tampilan (view) sama dengan ukuran objek atau konten yang ada di dalamnya.

OK saya rasa artikel mengenai perbedaan match parent dengan wrap content di android studio ini sudah cukup. Kalau anda kurang mengerti apa yang saya jelaskan disini, anda bisa bertanya di kolom komentar atau di halaman Hubungi Saya. Anda juga bisa mengirimkan kritik dan sarannya mengenai gaya penjelasan dan penulisan saya di blog ini.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat untuk anda, tidak ada salahnya untuk membagikan artikel ini dengan teman-teman anda, jadi teman-teman anda juga bisa mendapat ilmu yang anda dapat di blog ini.

Terima Kasih.

6 thoughts on “Perbedaan Match Parent dengan Wrap Content di Android Studio

    • April 1, 2018 at 12:37 pm
      Permalink

      Sama-sama gan..

      Reply
    • November 19, 2018 at 1:30 am
      Permalink

      Sama-sama mas

      Reply
  • December 10, 2018 at 11:45 am
    Permalink

    Terima kasih mas atas penjelasannya. Dengan gambar ilustrasi, jadi lebih mudah memahami. Semoga sehat selalu dan sharing-sharing terus mas …. (y)

    Reply
    • December 19, 2018 at 2:19 am
      Permalink

      Sama-sama, Terima Kasih sudah berkunjung

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.