Membuat Aplikasi Hello World dengan Android Studio Terbaru

Aplikasi Hello World adalah sebuah aplikasi pertama yang biasanya dibuat oleh seseorang yang sedang belajar pemrograman, baik itu pemrograman untuk dekstop, web ataupun android. Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan referensi kepada anda tentang 5 Software untuk Membuat Aplikasi Android. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai Membuat Aplikasi Hello World dengan Android Studio.

Membuat Aplikasi Hello World dengan Android Studio

Dalam tutorial Membuat Aplikasi Hello World dengan Android Studio ini saya asumsikan bahwa anda telah menginstall software Android Studio di komputer anda. Jika belum punya anda bisa mendownloadnya disini.

Dalam membuat tutorial, ini saya menggunakan Android Studio versi 3.0.1. Bagi anda yang menginstall Android Studio versi lama, mungkin user interface-nya akan sedikit berbeda, tetapi intinya tetap sama saja.

1. Buka software Android Studio, akan muncul splash screen terlebih dahulu. Ini memerlukan waktu sekitar 2 sampai 3 menit.

2. Setelah itu, akan muncul jendela Welcome to Android Studio.

Disini terdapat beberapa pilihan, yang perlu anda lakukan sekarang adalah mengklik Start a new Android Studio Project.

membuat aplikasi hello world dengan android studio

3. Pada bagian Application Name, anda perlu memasukkan nama dari aplikasi yang akan anda buat. Karena kita akan membuat aplikasi Hello World, maka beri saja namanya Hello World.

Pada bagian Company Name, tetap biarkan saja, kecuali kalau anda adalah pemilik suatu perusahaan yang akan mempublikasikan aplikasi buatan anda ke Playstore, maka anda harus merubahnya.

Untuk Package Name, juga dibiarkan saja. Package Name ini berfungsi sebagai ID yang bersifat unik pada setiap aplikasi android yang anda buat.

Untuk Project Location, anda bisa mengubahnya sesuai keinginan anda, kali ini saya akan menyimpannya di data E:\AndroidStudio\HelloWorld.

Klik Next.

membuat aplikasi hello world dengan android studio

4. Selanjutnya pada jendela Target Android Device, anda harus memilih Minimum SDK aplikasi yang akan anda buat. Secara default, Android Studio menggunakan minimum SDK  dengan APIs Level 15 : 4.0.3 Ice Cream Sandwich. Anda juga bisa mengubahnya kalau anda mau, misalkan menjadi APIs Level 22 : 5.1 Lollipop.

Tetapi kalau anda ingin mempublikasikan aplikasi ke Play Store, saran saya lebih baik jangan menggunakan API Level yang baru saja rilis, seperti APIs Level 26 : 8.0 Oreo. kenapa? Karena belum banyak orang yang menggunakan android versi ini. Jadi, hanya sedikit orang yang akan mendownload aplikasi anda. Di Android Studio ini, anda juga bisa membuat aplikasi untuk Smart TV atau Wearable Device.

Selanjutnya klik Next.

membuat aplikasi hello world dengan android studio

5. Selanjutnya, anda harus memilih Activity untuk aplikasi anda. Ada beberapa activity yang disediakan oleh Android Studio, tapi untuk membuat aplikasi hello world dengan android studio ini kita hanya perlu menggunakan Empty Activity,

jadi klik empty activity,

kemudian klik Next.

membuat aplikasi hello world dengan android studio

6. Pada jendela ini anda bisa memberikan nama pada activity dan layoutnya.

Misalkan untuk Activity Name menjadi HelloWorld dan untuk layoutnya menjadi hello_world. Tapi kalau saya pribadi tidak akan mengubahnya.

Perlu anda ingat, ketika memberikan nama pada activity dan layout, anda tidak boleh menggunakan spasi atau simbol-simbol tertentu.

Klik Finish.

membuat aplikasi hello world dengan android studio

7. Tunggu, sampai Building Gradle Project-nya selesai.

Dan lihatlah tampilan Android Studio anda.

Ketika Building Gradle Project selesai, maka anda tidak perlu menambahkan listing atau kode apapun, karena untuk memunculkan kata “Hello World” ini sudah dilakukan sendiri oleh Android Studio. Lihatlah pada tab Design.

android viewer

Kalau dari gambar diatas, mungkin tidak jelas terlihat. Tapi cobalah masuk ke tab Text. Dalam code editor tersebut terlihat ada tulisan “Hello World!”.

hello world

Untuk sekarang anda tidak perlu memikirkan tentang code atau listing ini. Saya pasti akan membahasnya pada artikel-artikel yang berikutnya. Sekarang, lebih baik kita mencoba menjalankan aplikasi Hello World ini.

Catatan:

Anda harus sudah mempunyai emulator atau perangkat virtual untuk menjalankan aplikasi yang telah anda buat. Jika anda belum mempunyainya, anda bisa melihat tutorialnya disini

Klik Run pada toolbar, atau tekan Shift + F10.

menjalankan aplikasi android

 

Kemudian akan muncul jendela Select Deployment Target. Disini anda harus memilih salah satu Virtual Device yang sudah anda punya.

Klik OK..

Dan inilah tampilan Aplikasi Hello World pertama anda.

aplikasi hello world

Dan itulah bagaimana cara Membuat Aplikasi Hello World dengan Android Studio. Meski aplikasi ini sangat sederhana, tapi ini adalah langkah awal bagi anda dalam menjadi seorang developer android.

Saya rasa sudah cukup sekian untuk artikel kali ini. Terima kasih bagi anda yang sudah membaca, dan jika artikel ini bermanfaat untuk anda tidak ada salahnya untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda. Saya juga sangat membutuhkan kritik dan saran dari anda, agar situs ini menjadi lebih baik kedepannya.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.