Cara Menjalankan Aplikasi dengan Smartphone di Android Studio

Ketika kita ingin mencoba aplikasi yang kita buat dengan Android Studio, kita perlu menggunakan emulator untuk menjalankannya. Tetapi untuk menjalankan emulator ini terhitung cukup berat dan sangat lama prosesnya. Apalagi jika anda menggunakan komputer dengan spesifikasi yang kurang dari spesifikasi yang telah disarankan oleh google. Untuk memecahkan masalah tersebut, anda dapat menggunakan smartphone anda untuk menjalankan aplikasi yang telah anda buat, dan ini adalah langkah-langkah bagaimana cara menjalankan aplikasi dengan smartphone di Android Studio.

Cara Menjalankan Aplikasi dengan Smartphone di Android Studio

Hal yang Perlu di Persiapkan

1). Smartphone dengan sistem operasi Android. Saya sarankan untuk menggunakan smartphone dengan versi android minimal Ice Cream Sandwich.

2). Kabel USB. Saya sarankan untuk menggunakan kabel USB yang original, agar tidak mengalami gangguan.

3). Driver. Untuk driver ini, biasanya otomatis  terinstall ketika pertama kali anda menghubungkan smartphone anda dengan laptop atau komputer. Jika tidak terinstall, anda dapat mendownloadnya di link yang sudah saya siapkan

Langkah Awal

Untuk menjalankan aplikasi yang anda buat dengan smartphone, anda perlu memunculkan menu Opsi Pengembang di dalam aplikasi pengaturan smartphone. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memunculkan Opsi Pengembang tersebut.

1). Buka aplikasi Pengaturan/Setting/Setelan pada smartphone anda..

2). Kemudian pilih dan ketuk About Device/Tentang Perangkat.

About Device

3). Ketuk sebanyak 7 – 10 kali pada Nomor Bentukan/Build Number hingga muncul tulisan “Anda telah menjadi pengembang”. Karena smartphone saya telah melakukan langkah ini sebelumnya, maka akan muncul tulisan “Tidak perlu, anda sudah menjadi pengembang”.

Nomor Bentukan

Anda telah menjadi pengembang

4). Berikutnya akan muncul menu baru pada aplikasi Pengaturan smartphone anda. Menu ini adalah menu Opsi Pengembang.

Catatan:  Langkah-langkah di atas mungkin akan sedikit berbeda berdasarkan jenis dan merk smartphone yang anda gunakan. Di beberapa smartphone juga sudah terdapat Opsi Pengembang tanpa harus melakukan semua langkah diatas.

Langkah-langkah Menjalankan Aplikasi dengan Smartphone

Selanjutnya kita akan mencoba menjalankan aplikasi yang kita buat dengan smartphone. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1). Ketuk pada menu Opsi Pengembang.

Opsi Pengembang

2). Pada bagian paling atas yang bertuliskan “Nonaktif”, ketuk atau geser pada tombol disampingnya untuk mengaktifkannya

3). Sebelum aktif, akan muncul notif seperti gambar di bawah ini.

Notif

4). Klik “OK” saja.

5). Setelah aktif, scroll ke bawah sampai anda menemukan menu “Debugging USB”. Kemudian aktifkan menu ini. Disini akan muncul notif lainnya, anda cukup menekan “OK” saja.

Debugging USB

6). Sambungkan smartphone anda dengan laptop atau komputer.

7). Buka project Android Studio anda.

8). Klik running aplikasi dengan menekan SHIFT+F10.

Baca Juga: Cara Membuat Emulator di Android Studio

9). Akan muncul notif yang bertuliskan “Izinkan debugging USB?”, anda cukup menekan tombol “OK”.

10). Jika smartphone anda terhubung, maka anda dapat melihat nama samrtphone anda beserta system imagenya, seperti gambar dibawah ini.

Contoh

11). Kemudian klik OK untuk menjalankan aplikasi anda.

Dan selamat, anda telah berhasil menjalankan aplikasi buatan anda dengan smartphone. Dan di bawah ini adalah salah satu contohnya.

Smartphone

OK, saya rasa artikel Cara Menjalankan Aplikasi dengan Smartphone di Android Studio sudah cukup, jika anda memiliki pertanyaan atau kritik dan saran mengenai cara menjalankan aplikasi dengan di Android Studio, anda bisa menanyakannya lewat komentar atau halaman Hubungi Saya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang belajar pemrograman android. Jika menurut anda artikel ini sangat bermanfaat, tidak ada salahnya untuk membagikannya dengan teman-teman anda.

Terima Kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.