Cara Membuat File Apk di Android Studio

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat file apk di android studio. Tutorial ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin membuat file apk dari aplikasi yang anda  buat dan ingin menguploadnya ke Google Play Store.

Apa itu file Apk?

File APK adalah singkatan dari Application Package yang merupakan ekstensi file aplikasi yang diinstall di android. Di Android Studio file, APK ini terbagi menjadi dua yaitu file apk-debug dan file apk-release. File apk-debug adalah file apk yang masih dalam tahap pengembangan atau pengujian. File apk-debug ini otomatis akan tergenerate ketika anda menjalankan aplikasi di android studio dengan menggunakan emulator atau smartphone. File apk-debug ini tidak bisa diinstall langsung ke smartphone atau emulator tanpa melalui android studio.

Sedangkan file apk-release adalah file apk yang sudah berisi data-data dari developer/pembuat dan sudah melalui tahap pengembangan, sehingga file apk jenis ini sudah siap untuk diupload dan dipublish ke Google Play Store dan diinstal oleh pengguna. Perlu anda ketahui untuk bisa mengupload aplikasi ke Google Play Store, anda harus mensetting dan mendaftarkan aplikasi anda untuk mendapatkan sertifikat digital yang disebut dengan keystore. Dalam artikel kali ini saya juga akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat file apk sekaligus mendaftarkan aplikasi tersebut untuk mendapatkan sertifikat digital.

Note : Untuk bisa membuild apk release dan mendapatkan keystore atau sertifikat digital kita perlu koneksi internet, jadi hidupkan koneksi internet kalian.

Cara Membuat File Apk

Berikut ini adalah cara membuat dan mendaftarkan file apk;

1. Pertama, siapkan project android studio yang sudah buat. Pastikan project tersebut sudah melewati tahap pengembangan dan pengujian, dan sudah siap untuk dibuat file apk-nya.

2. Pada Android Studio, pilih menu Build lalu kemudian pilih Generate Signed APK.

Gambar 1

3. Pada jendela Generated Signed APK ini, anda akan membuat keystore baru dengan memilih opsi Create New, tetapi jika anda sudah mempunyai keystore maka anda pilih opsi Choose Existing.

4. Pada tahap selanjutnya anda harus mengisi data-data yang diperlukan. Contohnya ada pada gambar dibawah ini;

Gambar 2

Penjelasan gambar diatas;

  • Keystore Path adalah lokasi tempat anda menyimpan keystore.
  • Password adalah kata sandi dari keystore anda. Pastikan untuk mengingatnya.
  • Confirm, konfirmasi password atau kata sandi anda.
  • Alias adalah nama untuk mengidentifikasi key.
  • Password adalah kata sandi dari key anda. Pastikan untuk mengingatnya juga.
  • Confirm, konfirmasi password atau kata sandi anda.
  • Validity(years) adalah periode valid keystore. Secara default 25 tahun.
  • First and Last Name, isikan dengan nama lengkap anda.
  • Organizational Unit adalah nama unit perusahaan anda.
  • Organizational adalah nama organisasi anda.
  • City or Locality adalah lokasi kota anda.
  • State or Province adalah lokasi provinsi anda.
  • Country Code (XX) adalah kode negara. For your information kode negara indonesia adalah 62.

5. Setelah semuanya sudah terisi dengan benar, kemudian selanjutnya anda klik OK.

6. Pada jendela Generated Signed APK, Android Studio telah memasukkan password keystore dan password key yang sebelumnya sudah anda buat, kemudian klik Next.

Gambar 3

7. Pada jendela selanjutnya anda dapat menentukan lokasi file apk-nya pada bagian APK Destination Folder. Lalu pada Build Type, anda pilih release. Nah, selanjutnya anda disuruh untuk memilih tipe signaturenya, pada jendela ini terdapat dua jenis, yaitu V1 (Jar Signature) dan V2 (Full APK Signature), Anda pilih saja kedua-duanya untuk keamanan dan kelancaran aplikasi anda nantinya. Selanjutnya klik Finish.

Gambar 4

8. Tunggu sampai proses build apknya selesai, dan sesaat kemudian anda sudah mendapatkan file apk aplikasi dan dapat diupload dan dipublikasikan ke Google Playstore.

Nah, itulah tutorial mengenai cara membuat file apk di Android Studio. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang belajar membuat aplikasi android.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.