Cara Melihat Batas Tata Letak Aplikasi Android yang Anda Gunakan

Saat membangun User Interface di Android Studio, kita sering kali melihat garis-garis yang menunjukan batas dari tiap tampilan yang kita gunakan. Nah, ternyata untuk melihat batas tata letak aplikasi android ini tidak hanya dapat di lakukan di Android Studio saja, akan tetapi kita juga bisa melihatnya langsung di smartphone yang kita gunakan. Berikut ini adalah cara melihat batas tata letak aplikasi android yang anda gunakan.

Cara Melihat Batas Tata Letak Aplikasi Android

Untuk melihat batas tata letak aplikasi android yang kita gunakan, kita perlu memunculkan menu Opsi Pengembang pada pengaturan smartphone kita. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat langkah-langkah memunculkan menu opsi pengembang di dalam artikel di bawah ini.

Baca Juga : Cara Menjalankan Aplikasi dengan Smartphone di Android Studio

Setelah kita mengaktifkan menu Opsi Pengembang, selanjutnya ketuk menu Opsi Pengembang kemudian aktifkan.

Akan muncul sebuah notif, anda hanya perlu mengklik OK saja.

Scroll ke bawah sampai anda menemukan sub menu Gambar. Pada sub menu Gambar tersebut terdapat sebuah option dengan kalimat “Tampilkan batas tata letak“. Ketuk tombol yang ada di sebelah kanannya untuk mengaktifkannya. Untuk penampakannya bisa anda lihat di bawah ini.

Tampilkan Batas Tata letak

Setelah anda mengaktifkannya, akan muncul garis-garis yang menunjukan batas tata letak dari aplikasi yang sedang anda gunakan. Contohnya ini adalah batas tata letak dari aplikasi Kalkulator yang terinstall di smartphone saya.

Contoh Batas Tata Letak Aplikasi Kalkulator

Ok, saya rasa artikel singkat mengenai Cara Melihat Batas Tata Letak Aplikasi Android yang Anda Gunakan ini suda cukup. Anda bisa menggunakan cara ini untuk melihat bagaimana tata letak aplikasi-aplikasi yang sudah beredar di playstore. Dengan melihat tata letak tersebut, bisa menjadi sumber inspirasi dari referensi ketika anda akan membuat atau mengembangkan aplikasi android. Btw, anda juga bisa mengerjai ponsel teman anda, karena layar ponsel yang terlihat seperti sedang mengalami kerusakan 🙂

Kalau begitu saya akhiri artikel ini, kalau anda ingin bertanya atau sekedar ingin menyampaikan kritik dan sarannya mengenai artikel atau blog ini silahkan cantumkan di kolom komentar atau di halaman Hubungi Saya. Gunakanlah nama asli anda atau setidaknya nama panggilan anda yang sopan ketika berkomentar.

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.