Mengenal Secara Singkat Apa itu Activity di Android

Dalam beberapa artikel yang sebelumnya, saya sedikit menyinggung tentang Activity. Lalu apa sebenarnya Activity ini? Dalam artikel ini saya akan membahas dengan singkat mengenai Activity atau Aktifitas di Android.

Apa itu Activity di Android Studio?

Activity atau Aktifitas adalah suatu komponen aplikasi pada android yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan androidnya untuk melakukan sesuatu, misalnya memilih foto, mencari nomor telepon dan masih banyak yang lainnya. Setiap Aktifitas memiliki sebuah jendela masing-masing untuk menggambarkan user interface penggunanya.

Sebuah aplikasi biasanya terdiri dari beberapa aktifitas yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Biasanya dalam sebuah aplikasi terdapat satu aktifitas yang ditetapkan sebagai “Main Activity/Aktifitas Utama”, yang ditampilkan kepada pengguna saat pertama kali membuka aplikasi. Setiap aktifitas dapat memulai aktifitas yang lain dan dapat melakukan berbagai tindakan. Ketika aktifitas baru dimulai, aktifitas yang sebelumnya akan diberhentikan sementara oleh sistem dan sistem tersebut akan mempertahankan aktifitas tersebut dalam sebuah tumpukan yang disebut dengan “Back-Stack”. Ketika aktifitas baru dimulai, maka sistem akan mendorong aktifitas tersebut ke atas back stack dan mengambil alih fokus pengguna. Back Stack mengenal istilah “Masuk Terakhir, Keluar Pertama”. Jadi ketika anda menekan tombol kembali pada android, maka aktifitas yang saat ini, akan di keluarkan dari tumpukan dan aktifitas yang sebelumnya akan di lanjutkan.

ilustrasi Activity

Sebuah aktifitas juga bisa memulai aktifitas lain yang berbeda aplikasi di perangkat android. Contohnya, dalam aplikasi “Whatsapp” anda ingin mengirimkan sebuah foto. Ketika anda mengklik ikon galeri, aplikasi tersebut akan membuka sebuah aktifitas pada aplikasi “Galeri“. Ketika anda selesai memilih foto, maka aktifitas dari aplikasi Galeri tersebut akan dihancurkan. Meskipun aktifitas yang dipakai berasal dari aplikasi yang berbeda, tetapi android akan mempertahankan pengalaman pengguna yang baik dengan menjalankan kedua aktifitas yang berbeda tersebut ke dalam tugas yang sama.

Nah itulah pengertian singkat mengenai Activity di Android Studio. Meski artikel ini sangat singkat, tetapi saya harap artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai pemrograman android ini, utamanya mengenai activity di Android Studio.

Jika anda memiliki kritik dan saran mengenai artikel atau blog ini, bisa anda sampaikan melalui kolom komentar atau pada halaman Hubungi Saya, dan gunakanlah nama yang sopan ketika anda berkomentar.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *