Inilah 3 Cara Menjalankan Aplikasi di Android Studio dengan Mudah

Dalam artikel kali ini saya akan membahas beberapa cara menjalankan aplikasi di Android Studio yang sudah kita buat. Ada tiga cara yang sudah saya pernah lakukan. Anda bisa menggunakan salah satu di antaranya untuk menjalankan aplikasi yang telah anda buat dengan Android Studio

3 Cara Menjalankan Aplikasi di Android Studio

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi yang sudah anda buat di Android Studio.

1. Emulator Android Studio

Cara menjalankan aplikasi di Android Studio yang pertama adalah dengan menggunakan emulator dari Android Studio sendiri. Dengan begini, anda tidak perlu repot-repot mendownload dan menginstall emulatornya secara terpisah. Meskipun begitu, anda tetap perlu membuat emulatornya melalui AVD Manager, karena ketika anda menginstall Android Studio, emulatornya tidak langsung terinstall. Saya sudah membuat artikel mengenai cara membuat emulator di Android Studio, anda bisa membacanya di link di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Emulator di Android Studio

Tetapi untuk bisa menjalankan emulator di Android Studio ini dengan cepat dan lancar, anda perlu memiliki spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Minimal komputer anda memiliki Ram 6 GB. Saya sendiri yang menggunakan laptop dengan Ram 4 GB, memerlukan waktu sekitar 5-10 menit hanya untuk memunculkan emulatornya saja. Tetapi emulator Android Studio ini masih bisa berjalan dengan lancar meskipun agak sedikit ngelag.

2. Emulator Genymotion

Cara menjalankan aplikasi di Android Studio yang kedua adalah dengan menggunakan emulator Genymotion. Emulator Genymotion ini bisa dibilang software yang digunakan untuk menjalankan aplikasi android di komputer  layaknya Bluestack, Nox atau Memu. Hanya saja Genymotion ini memiliki performa yang cepat sehingga tidak menyulitkan untuk digunakan. Kelebihan lain dari emulator Genymotion ini adalah dapat diintegrasikan secara langsung dengan Android Studio. Sehingga ketika anda ingin menjalankan aplikasi di Android Studio, akan terdapat pilihan untuk menggunakan Genymotion sebagai emulatornya.

Pilihan Genymotion di Android Studio

Sayangnya, untuk menggunakan semua fitur di dalam emulator Genymotion ini tidaklah gratis. Anda perlu membayar beberapa dollar untuk bisa menggunakan semua fitur dan layanan yang ada. Saya tidak tahu apakah sekarang Genymotion masih ada yang versi gratisnya atau tidak, karena dulu ketika saya menggunakan Genymotion ini masih bisa didownload secara gratis, meskipun tidak bisa menggunakan semua fitur yang ada.

Kalau anda tertarik dengan emulator Genymotion, anda bisa mendownloadnya disini.

Untuk langkah-langkah mengintegrasikan emulator Genymotion dengan Android Studio akan saya bahas di artikel yang selanjutnya.

3. Smartphone Android Anda

Cara menjalankan aplikasi di Android Studio yang ketiga adalah dengan menggunakan smartphone android anda sendiri sebagai emulator. Di setiap smartphone yang kita gunakan, terdapat pengaturan khusus yang digunakan untuk mendebug aplikasi yang kita buat di Android Studio. Jika anda ingin melihat bagaimana cara menjalankan aplikasi yang anda buat dengan smartphone, anda bisa melihatnya di link di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menjalankan Aplikasi dengan Smartphone di Android Studio

Dengan menggunakan smartphone sebagai emulator merupakan pilihan terbaik bagi anda yang sedang belajar pemrograman android.seorang. Karena dengan ini kita tidak perlu menginstall emulator yang biasanya cukup memakan memori harddisk komputer anda, terutama emulator dengan system image yang terbaru. Selain itu, proses penggunaannya juga cepat dan tidak memberatkan laptop atau komputer anda.

Ok, Saya rasa artikel mengenai Cara Menjalankan Aplikasi di Android Studio ini sudah cukup. Anda bisa bertanya dan mengirimkan kritik dan saran mengenai artikel ini di kolom komentar atau di halaman Hubungi Saya, dan gunakanlah nama asli anda atau setidaknya nama panggilan yang sopan ketika berkomentar.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.